Perbedaan dan Persamaan Suku Jawa dan Sunda

0

Kali ini saya akan mengulas tentang perbedaan dan persamaan suku Jawa dan Sunda, Jawa dan Sunda adalah seperti saudara. Ibarat kakak dan adik jadi memiliki sifat yang mirip, sama atau hampir sama. Jawa adalah Kakak, dan Sunda adalah Adik. Jadi hapuskan pemikiran-stigma perkawinan jawa-sunda tak cocok, karena perkawinan sesuku juga bisa memiliki resiko tak cocok. Kalau kata MTGW mau beda atau sama itu bukan patokan yang penting adalah damai atau mendamaikan.

Persamaan:
- Berada di Pulau Jawa
- Suka berkelakar, Guyon, Bercanda, dan Melawak.
- Punya sifat yang sama seperti suka ngerasani, dan curhat 
- Ada yang bermata belok dan ada yang bermata agak sipit.
- Punya selera humor yang tinggi (taste of humor) bukti ada grup lawak Srimulat, Bagito, Sule dll sedang di Pulau Non Jawa jarang ada terdengar grup lawak.


Perbedaan:
- Warna Kulit suku Jawa punya kecenderungan lebih Gelap/Sawo Matang (jawa timur cenderung paling hitam/gelap), sedangkan suku Sunda lebih Putih tergantung daerah juga tambahan dari replyer

Orang sunda itu ada 4 jenis. Orang sunda banten ,orang sunda priangan, orang sunda Karawang, orang sunda cirebonan (kuningan,cirebon,subang). Di antara ke 4 ini sebenernya paling putih itu orang banten selatan khususnya sekitar daerah lebak,ciomas,dan pandeglang. Di situ orang sundanya paling orisinil di lihat dr bahasanya sama rata2 orang situ bermata agak sipit beda jika di bandingkan dengan orang banten utara yang mayoritas gelap kulitnya. Kedua yaitu orang parahyangan yang skrg terkenal dengan mojang parahyangan lalu di susul dengan sunda cirebonan lalu yang paling gelap ialah sunda karawang. Mungkin karena iklim yg panas dan gersang serta dekat dengan pantai.

- Suku Jawa wajahnya lebih dewasa/old face, sedang Suku Sunda wajahnya lebih muda/cute Face.
- Suku Jawa Agak Punya lebih banyak Ilmu dibanding Suku Sunda.
- Suku Jawa biasanya berkerja pada hal-hal keras/keuletan, sedangkan suku sunda lebih kepada jenis pekerjaan yang pintar, agak santai tapi menghasilkan.
- Suku Jawa lebih kuat norma kesopan-santunan / tata krama daripada suku sunda.
- Ada Kecenderungan Pinggang wanita Jawa lebih lurus sedang wanita Sunda lebih berlekuk (curvy).
- Suku Jawa lebih suka memberi ataupun itu dermawan tanpa perhitungan yg njliment.
- Wanita suku jawa sedikit lebih dewasa sedangkan suku sunda lebih Manja.
- Suku Jawa lebih peka daripada suku sunda.
- Artis dari suku Sunda lebih ramai berita cerai dibanding suku Jawa.
- Suku Jawa lebih terkenal setia kecuali salah satu selingkuh.
- Wanita dari Suku Sunda lebih Cantik daripada wanita Jawa. dan begitu pula Prianya Sunda lebih ganteng/lebih manis daripada pria Jawa.
- Suku Sunda sedikit lebih aman dari syirik kecil daripada suku jawa.
- Suku Jawa agak ambisius terbukti pemimpin kita Soekarno, Soeharto, SBY, Gusdur, Jokowi adalah orang Jawa, begitu pula Kerajaan Majapahit yang pernah mendunia adalah dari daerah Jawa. 
- Wanita suku sunda kurang suka / tidak suka / tidak rela untuk di polygami bahkan rela untuk cerai sekalipun daripada suku jawa yang cenderung mau di polygami. 
- Wanita sunda suka menuntut, sedang wanita jawa cenderung nerimo.

Mitos-mitos
Pertanyaan: apa benar laki-laki-nya sunda, wanita nya jawa tidak cocok?

Jawab: Bisa ya bisa tidak, tergantung, asalkan punya iman yang kuat hal ini bisa diminimalisasi. atau masing-masing punya saling pengertian hal ini bisa diminimalisasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan dan Persamaan Suku Jawa dan Sunda"

Posting Komentar

Trims Atas Kunjungannya,
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda Di Kolom Komentar Berikut Ini.