Penyadapan HP Melalui IMEI Adalah Berita HOAX

0
Penyadapan HP Melalui IMEI Adalah Berita HOAX
Hoax IMEI

Beberapa hari terakhir ini, kembali beredar kabar hoax IMEI tentang penyadapan nomor identifikasi ponsel atau IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang bisa dilakukan oleh Cyber Crime Polri, yang meresahkan masyarakat.

 Kabar hoax imei hp tersebut dikirim lewat akun-akun maupun grup sosial media, seperti yang terkirim pada Grup WA (Whats App) berikut ini:
Yth. Rekan-rekan semua.                Urgen!!! ... Urgen!!!
Menginformasikan & mengingatkan kepada semua agar tidak lupa bahwa sistem Big Data Center Cyber Security (BDCS) mabes polri  sudah terpasang, akan menyusul rencana Wantanas RI (Dewan Pertahanan Nasional) yang akan mengambil semua informasi melalui internet di Indonesia.
Artinya, segala percakapan kita di Cyber Social Media (WA, BBM, Telegram, Line, SMS, dll.) akan masuk secara otomatis ke BDCS.
Hindari mengirim berita yang bersifat sensitif (SARA) dan gambar-gambar pemimpin negara, lambang negara, serta simbol negara untuk bahan kartun, guyonan, ataupun lelucon lainnya.
Polisi internet melalui teknik 'internet system' akan menelusuri sumber pengirim ke grup tersebut.
Diharapkan kepada rekan-rekan agar dapat saling mengingatkan dan menghindari hal tersebut.
Jangan sampai kita berurusan dengan polisi internet ( Cyber Crime Police) hanya karena ingin bercanda di media sosial.
Semoga kita bisa menggunakan media sosial untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, artikel, ataupun gambar dengan santun dan beretika.
Semoga bermanfaat...
Silahkan Check Hp anda masing-masing ... tekan *#06#
Apabila keluar no IMEI saja berarti Handphone anda Aman.
Jika Keluar tulisan IMEI -01 IMEI / 01 ... Atau IMEI-02 / IMEI/02 ...
Berarti Handphone anda dipantau oleh Intel Kepolisian negara.
Hati-hati bila memposting Gambar-gambar atau Broadcasting tentang pejabat atau pemerintah, karena setiap no HP baru dan lama secara Otomatis diPantau oleh Intel Kepolisian sekarang.
Bagi teman-teman yang merasa ada Tanda IMEI/01 atau IMEI/02 harap berhati-hati dan    memilah Postingan anda...
Artinya kalau ada kode /01 atau /02 sudah kena sadap Cyber Crime Polri.
Mohon info ini disebar
Mari berbagi informasi yg positif..
Entah apa maksud dan tujuan pesan hoax tentang imei tersebut, kita tidak tau pasti, yang jelas imei disadap itu adalah berita hoax dan telah beredar, bahkan pernah juga viral tahun 2017 yang lalu.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Noor Iza, menegaskan kabar tersebut adalah hoaks.

“Menanggapi informasi beredar terkait nomor IMEI yang dikaitkan dengan penyadapan oleh Polri, saya pastikan informasi yang viral tersebut adalah hoax,” ujar Noor Iza dalam keterangan resmi Kemkominfo, Jumat (25/5/2018) seperti yang dilansir dari www.postel.go.id .

Menurut Noor Iza, IMEI pada hakikatnya adalah kode unik yang susunannya terdiri dari 15 digit atau angka yang dimiliki setiap transceiver perangkat telepon seluler.

IMEI dikodekan ke dalam perangkat keras, sehingga tidak mungkin ada yang bisa mengubah IMEI tanpa merusak perangkat keras.

Pada jaringan GSM, kata Noor Iza, IMEI sendiri mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang mencoba tersambung dengan jaringan itu. Karenanya, nomor IMEI bisa digunakan untuk memblokir ponsel yang dicuri agar tidak tersambung dengan jaringan GSM.

“Nomor IMEI diberikan oleh GSMA (Global System for Mobile Communications Association) kepada pabrikan-pabrikan perangkat seluler,” lanjutnya.

IMEI ponsel sendiri bsia diketahui dengan mudah hanya lewat cara menekan *#06# pada teleponnya.

Namun, pada kenyataannya ada vendor tertentu seperti Samsung yang menampilkan nomor IMEI dengan SV pada format lengkap dan dipisah garis miring.

Sementara dua digit terakhir yang dilambangkan /01 atau /02 adalah nomor versi perangkat lunak, bukan tandanya sedang disadap.

Di tahun 2017, kabar yang sama tentang penyadapan nomor identifikasi ponsel atau IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang bisa dilakukan oleh Cyber Crime Polri, pernah beredar di media sosial.

Berita tentang Hoax Cek IMEI dan Hoax No IMEI atau *#06# IMEI Hoax juga sudah banyak dibahas di situs-situs internet, semoga kita tidak lagi menjadi penyebar hoax tersebut.

https://www.tinjakstar.com/2019/01/penyadapan-hp-melalui-imei-adalah-HOAX.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyadapan HP Melalui IMEI Adalah Berita HOAX"

Posting Komentar

Trims Atas Kunjungannya,
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda Di Kolom Komentar Berikut Ini.