Hati-hati Jebakan HOAX "Internet Gratis"

0
Jebakan HOAX "Internet Gratis"
Gambar: Jebakan HOAX "Internet Gratis"

Ditengah merebaknya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) saaat ini, makin ganas pula para Hoax-er yang menyebarkan hoax ke berbagai media sosial.

Seperti di Facebook, Twitter dan juga grup-grup percakapan WhatsApp banyak beredar informasi internet gratis dari pemerintah sebagai insentif atas situasi pandemi virus corona yang telah mewabah di Indonesia.

Informasi itu disertai dengan link yang berbeda-beda dalam setiap pesan yang beredar, namun dengan karakter URL yang hampir sama.
Kementerian Komukasi dan Informatika (Kominfo) memastikan informasi dan link ini tidak benar alias hoaks.

Informasi yang beredar menautkan sebuah link yang seolah resmi dari pemerintah karena menyematkan "go.id" di dalamnya.

Ada beberapa link berbeda yang disebarkan, seperti:
www.internet.gratis.pemerintah.go.id.berita.sctv.asia www.internet.gratis.pemerintah.go.id.berita.metrotv.biz.id
www.internet.gratis.pemerintah.go.id.berita.inewstv.asia

Selain itu, ada juga beredar pesan di WhatsApp soal koneksi internet gratis 100 GB. Eits, jangan langsung tergoda, karena kalian akan menyesal.

Sebelumnya di WhatsApp juga ramai yang mengirimkan pesan berupa koneksi internet gratis 20 GB. Sama seperti yang terjadi sekarang, dan itu hoax.

"Dapatkan Internet Gratis 100 GB Selama 90 Hari. Untuk semua operator. Klik di bawah untuk mengaktifkan sekarang," begitu isi pesan tersebut diakhiri dengan sebuah link yang domainnya xyz atau yang lainnya.

Konfirmasi (koneksi internet gratis 100 GB) itu hoax dan sangat mirip dengan yang sebelumnya. Pesan tersebut merupakan hanya modus dan mirip dengan pesan yang telah beredar sebelumnya. Pelaku ingin mendapatkan kontak-kontak hingga mencuri browsing history korban. Kejahatan siber macam ini banyak beredar ketika orang-orang melakukan work from home.


Kali ini pelaku hanya memodifikasi script di tampilan awalannya saja sedikit. Selanjutnya, proses yang sama akan dilalui oleh korban sehingga datanya dapat diambil pelaku.


Bagi teman-teman pengguna WhatsApp yang menerima pesan serupa seperti di atas, agar masyarakat dampak yang akan didapat sebelum mengklik suatu link.

Sangat penting dilakukan saat kita berinteraksi di dunia digital. Sebelum klik apapun, dari siapapun, kita perlu memastikan bahwa tidak akan ada dampak negatif bagi kita ataupun orang lain bila klik link tersebut.


Berikut tiga tips mudah yang dapat dilakukan pengguna WhatsApp jika menerima pesan iming-iming koneksi internet gratis, yaitu:

  1. Copy paste link di mesin pencari, cek apakah pernah ada ulasan terkait link tsb.
  2. Bila menerima link yang dipendekkan (shorte link) seperti bit.ly, tiny.cc dll, perhatikan link lengkap yang ditampilkan saat akhirnya.
  3. Pastikan link URL menampilkan domain instansi resmi. Contoh yg benar:
  • https://www.apple.com
  • https://www.kominfo.go.id


Ini contoh alamat URL yang salah :
  • https://payment.apple.com.blogspot.com
  • https://kominfo.go.id.freehost.com

Dan satu lagi, bagi teman-teman yang telah menerima pesan-pesan yang seperti itu, mohon untuk tidak membagikan ke teman-yang lainnya, agar tidak jadi korban.


#ThikBeforeShare

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati Jebakan HOAX "Internet Gratis""

Posting Komentar

Trims Atas Kunjungannya,
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda Di Kolom Komentar Berikut Ini.