Beberapa Hal yang Mempengaruhi Sifat Seseorang

0
Karakter atau watak (sifat) manusia tidak ada yang sama persis 100% satu sama lain, karena sifat manusia sangat kompleks, sangat banyak sekali unsur pembentuk sifat. Saya akan memaparkan beberapa hal kecil dapat yang membentuk karakter seseorang dari setiap unsurnya yang paling utama (yang terpenting) walaupun sebetulnya ada unsur-unsur lain yang mempengaruhi.


1. Pengalaman

Ini adalah pengaruh nomer satu, karena beberapa hal dibawah pangkalnya sebenarnya berasal dari pengalaman. Karena itu hati-hatilah dengan pengalaman dan belajarlah dari pengalaman karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

2. Sifat Bawaan dari Orang Tua

Seorang anak akan mewarisi sifat salah satu dari orangtuanya, bisa dari ayah atau ibu. Kenapa anak itu ceria, kalem, supel, berbakat jadi penyanyi atau seniman pastilah diturunkan dari salah satu orang tuanya.

3. Tingkat Pendidikan

Pastinya beda antara orang yang berpendidikan S1, D3, S2, SMA, ataupun tidak sekolah mungkin. Kalo orang S1 keatas sifatnya lebih kritis dalam segala hal misalnya pekerjaan, selera dll sedangkan kalo SMA kebawah sifatnya lebih nerimo, dan tidak terlalu memilih.

4. Agama

Pastinya beda sikap antara satu agama dengan agama lain. Kalo Islam misalnya memiliki peraturan yang jelas dalam berkehidupan, berpakaian, berdagang, dll.

5. Lingkungan atau Budaya yang tercipta dimana ia tinggal.

Tentunya beda antara budaya yang tercipta antara orang kota dengan orang desa. Kalo warga desa mungkin akan saling mengenal antar warga sesamanya sedang warga kota lebih mementingkan diri sendiri dan jarang keluar rumah.

6. Potongan Rambut

Kalo cewek yang berambut cepak sifatnya cenderung kalem (tenang) tidak banyak bicara, agak dingin. Sedangkan Cowok yang berambut panjang (gondrong) memiliki sifat lebih penyabar, tenang, dan memiliki percaya diri yang cukup tinggi.

7. Etnis / Ras

Kalo orang jawa lebih gampang memberikan uang kepada orang lain, lebih setia kepada pasangan, lebih penurut kepada suami, namun suka bergunjing. Sedangkan kalo Sunda wanitanya number one dalam berdandan sehingga walaupun usianya sudah cukup tua namun tetap cantik, agak suka harta (matre), ceweknya agak agresif, kurang setia terbukti banyak artis sunda yang cerai. Kalo Orang Padang punya jiwa berdagang, kalo wanitanya cenderung ingin lebih memiliki peran dalam rumah tangga, namun orang sumbar agak perhitungan.

8. Anak keberapa

Anak keberapa dapat mempengaruhi sifat seseorang, kalo anak bungsu cenderung manja, kalo sulung lebih dewasa dalam bersikap dan anak tengah lebih berasa bebas untuk berekspresi

9. Tinggi Badan (Tinggi atau Pendek)

Orang yang tinggi sifatnya cenderung merasa dilihat orang dan agak kaku. Sedangkan orang yang pendek terasa lebih bebas dalam bertindak.

10. Usia / Umur

Sifat bisa juga ditentukan oleh usia, dimana sifat anak-anak cenderung itu basah. dan orang dewasa cenderung kering. sifat anak muda kurang dipikirkan akibat yang dilakukannya karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan, sedang orang tua memikirkan lebih dahulu masak-masak dan juga lebih banyak pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sehingga lebih lama dalam mengambil keputusan.

Sebetulnya masih banyak lagi unsur-unsur yang dapat mempengaruhi sifat seseorang seperti iman, kaya, sedang atau miskin, transfusi darah dll. Namun saya hanya sampaikan beberapa saja yang utama.

By : Yudha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal yang Mempengaruhi Sifat Seseorang"

Posting Komentar

Trims Atas Kunjungannya,
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda Di Kolom Komentar Berikut Ini.